TATA KELOLA PERUSAHAAN

Komite Audit

PROFIL ANGGOTA KOMITE AUDIT

TANRI ABENG / KETUA KOMITE AUDIT

Profil beliau dapat dilihat pada bagian Profil Dewan Komisaris dalam Laporan Tahunan ini.

SAHALA LUMBAN GAOL/WAKIL KETUA MERANGKAP ANGGOTA

Profil beliau dapat dilihat pada bagian Profil Dewan Komisaris dalam Laporan Tahunan ini.

AHMAD BAMBANG - WAKIL KETUA MERANGKAP ANGGOTA

Profil dapat dilihat pada pembahasan profil Dewan Komisaris.

INFORMASI RANGKAP JABATAN

Informasi mengenai rangkap jabatan anggota Komite Audit yang berasal dari anggota Dewan Komisaris dapat dilihat pada Informasi Rangkap Jabatan Dewan Komisaris. Seluruh Anggota Komite Audit yang tidak menjabat sebagai Komisaris tidak memiliki rangkap jabatan eksternal di luar Pertamina yang mengandung konflik kepentingan.

INDEPENDENSI KOMITE

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, seluruh anggota Komite Audit berkomitmen untuk menjunjung tinggi prinsip praktik tata kelola perusahaan yang baik dengan bersikap objektif, professional dan independen. Komite Audit tidak akan mengambil keputusan di bawah tekanan dan intervensi dari pihak mana pun serta berkomitmen untuk menghindari adanya benturan kepentingan. Oleh sebab itu, seluruh anggota Komite Audit tidak memiliki hubungan afiliasi baik secara kekeluargaan dan hubungan bisnis dengan anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Tugas dan tanggung jawab Komite Audit sebagai berikut:

1. Membantu Dewan Komisaris untuk memastikan efektivitas sistem pengendalian internal dan efektivitas pelaksanaan tugas eksternal auditor dan internal auditor.

2. Menilai pelaksanaan kegiatan serta hasil audit yang dilaksanakan oleh Internal Audit maupun auditor eksternal.

3. Memberikan rekomendasi mengenai penyempurnaan sistem pengendalian manajemen serta pelaksanaannya.

4. Memastikan telah terdapat prosedur review yang memuaskan terhadap informasi yang terkait dengan Laporan Keuangan Perseroan.

5. Melakukan identifikasi hal-hal yang memerlukan perhatian Komisaris.

6. Melakukan penelaahan atas informasi mengenai Perseroan, serta Rencana Jangka Panjang, Rencana Kerja dan Anggaran Perseroan, laporan manajemen dan informasi lainnya.

7. Melakukan penelaahan atas ketaatan Perseroan terhadap peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan.

8. Melakukan penelaahan dan menindaklanjuti pengaduan yang berkaitan dengan Perseroan.

9. Mengkaji kecukupan fungsi audit internal, termasuk jumlah dan kompetensi auditor, rencana kerja tahunan dan penugasan yang telah dilaksanakan.

10. Mengkaji kecukupan pelaksanaan audit eksternal termasuk di dalamnya perencanaan audit dan jumlah auditornya.

11. Melakukan penelaahan atas independensi dan objektivitas akuntan publik yang akan melakukan audit laporan keuangan Perseroan dan kegiatan audit lainnya.

12. Melakukan penelaahan atas kecukupan pemeriksaan yang dilakukan akuntan publik untuk memastikan semua risiko penting telah dipertimbangkan.

13. Melakukan penelaahan atas pengaduan masyarakat dan memonitor pelaksanaan whistleblower.

14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Komisaris.

RAPAT KOMITE AUDIT

Komite Audit mengadakan rapat berkala secara internal untuk menyelesaikan Program Kerja Komite dan melakukan rapat koordinasi dengan komite-komite lain di bawah pengawasan Dewan Komisaris.

Sepanjang tahun 2018, Komite Audit menyelenggarakan 53 (lima puluh tiga) kali rapat baik internal maupun mengundang pihak manajemen akan tergambar dalam tabel berikut ini:

 

 

162
PERTAMINA Laporan Tahunan 2018