TATA KELOLA PERUSAHAAN

Sekretaris Perseroan

PROFIL SEKRETARIS PERSEROAN

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Tugas Sekretaris Perusahaan sebagai berikut:

1. Menentukan dan menetapkan strategi komunikasi korporat baik ke dalam maupun ke luar, meliputi namun tidak terbatas pada pengelolaan kegiatan komunikasi media, pengelolaan merek korporat, dan komunikasi internal perusahaan untuk membentuk dan meningkatkan citra dan reputasi Pertamina di mata pemangku kepentingan.

2. Mengarahkan, memonitor, dan mengevaluasi pembinaan relasi dengan stakeholder perusahaan yang terdiri dari namun tidak terbatas pada pemegang saham, bondholders/investor keuangan, pemerintah, legislatif, judiciary, NGO, TNI, POLRI, kedutaan besar, dan pemangku kepentingan internasional, serta memastikan kesetaraan protokoler Board Management dengan pemangku kepentingan terkait, dalam rangka memperoleh pengakuan, penerimaan dan keberlanjutan hubungan baik antara perusahaan dengan stakeholders serta memajukan kepentingan Pertamina.

3. Mengarahkan dan menentukan strategi serta menjalankan kegiatan Corporate Social Responsibility & Small Medium Enterprise Partnership Program (CSR & SMEPP) Pertamina yang efektif dan tepat sasaran bagi masyarakat, khususnya sekitar wilayah operasi perusahaan, dan meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri, sehingga memberikan nilai tambah bagi perusahaan dalam rangka implementasi UU no 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan UU No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN serta mewujudkan bisnis yang berkelanjutan.

4. Mengelola kegiatan korporasi terkait pelaporan kepada Pemegang Saham antara lain menyiapkan Laporan Tahunan, Laporan Keberlanjutan Perusahaan dan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham.

5. Menentukan dan mengendalikan kegiatan yang berkaitan dengan dukungan kepada aktivitas Direksi dan Dewan Komisaris, termasuk pengelolaan Administrasi dan Kesekretariatan Direktur Utama dalam rangka memenuhi tata kelola perusahaan yang baik.

6. Mengelola data dan informasi Pertamina, khususnya untuk kepentingan stakeholder eksternal meliputi pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi, pelayanan dan verifikasi bahan informasi publik untuk diakses oleh masyarakat umum dan pemangku kepentingan perusahaan, guna mewujudkan implementasi prinsip GCG.

7. Mengelola perencanaan, penggunaan, dan pertanggungjawaban anggaran di lingkungan Corporate Secretary sesuai otorisasi Perusahaan.

8. Mengelola perencanaan, penempatan dan pembinaan pekerja di lingkungan Corporate Secretary.

9. Menyusun dan menyampaikan laporan pengelolaan Corporate Secretary secara periodik kepada Direktur Utama.

171
PERTAMINA Laporan Tahunan 2018