TATA KELOLA PERUSAHAAN

Sistem Pelaporan Pelanggaran

Whistleblowing System (WBS) merupakan suatu sistem yang memberikan sarana kepada para pemangku kepentingan untuk membuat pengaduan mengenai dugaan pelanggaran yang terjadi di Perusahaan. Untuk menghindari potensi benturan kepentingan, pengelolaan WBS Pertamina bekerja sama dengan Konsultan Independen.

WBS Pertamina dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat melalui berbagai saluran pengaduan, yaitu: Telepon : (021) 381 5909/5910/5911

SMS dan Whatsapp : 0811 861 5000

Faksimili : (021) 381 5912

Situs : https://pertaminaclean.tipoffs.info

E-mail : pertaminaclean [at] tipoffs.co.sg

Pos : P.O.Box 2600 JKP 10026

SISTEM PERLINDUNGAN PELAPOR

Perlindungan kepada Pelapor diberikan oleh Perusahaan dan dicantumkan dalam ketentuan Perjanjian Kerja Bersama yang mengatur jaminan kerahasiaan identitas pelapor dan hal-hal yang dilaporkan; perlindungan hukum terhadap konsekuensi yang timbul akibat pelaporan; perlindungan terhadap gangguan/ancaman fisik bagi pelapor dan jaminan untuk tidak mendapatkan tindakan diskriminasi kepersonaliaan seperti hambatan dalam pembinaan karier, mutasi atau demosi. Selain itu Perusahaan juga memberikan ancaman PHK bagi atasan yang memberikan sanksi kepada pelapor.

PENGELOLA WBS

Sistem pelaporan pelanggaran Pertamina dikelola oleh konsultan internasional yang profesional dan bereputasi.

MEKANISME PENERIMAAN LAPORAN PENGADUAN WBS

MEKANISME PENANGANAN DAN PENINDAKLANJUTAN LAPORAN WBS

Pengelolaan WBS dilakukan dengan prinsip rahasia, anonim dan independen. Setiap pengaduan yang masuk diterima oleh Konsultan Independen yang akan menganalisis dan meminta keterangan lebih detail kepada pelapor untuk kemudian disampaikan kepada Pertamina. Mekanisme penanganan laporan WBS dilakukan berdasarkan Tata Kerja Organisasi Whistle Blowing System No. B-001/M00000/2018-S0 Revisi ke-5 yang berlaku terhitung mulai tanggal 02 April 2018.

Setelah laporan diterima dari Konsultan Independen, Fungsi Compliance akan melakukan penelaahan awal untuk meyakini apakah laporan WBS tersebut benar dan layak untuk diinvestigasi. Proses investigasi akan dilaksanakan oleh Fungsi Internal Audit. Tindak lanjut penanganan laporan pengaduan WBS dilakukan dengan sinergi antara lain Fungsi Legal Counsel & Compliance, Fungsi Security, Bunker & Operation Compliance (BOC) dan Internal Audit.

JUMLAH LAPORAN WBS DAN SANKSI YANG DIBERIKAN

Selama tahun 2018 telah diterima dan ditindaklanjuti 95 laporan WBS, dengan jumlah laporan yang telah selesai ditindaklanjuti sebanyak 25 laporan dan dalam proses tindak lanjut sebanyak 70 laporan. Sanksi atas pelanggaran yang dilakukan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

190
PERTAMINA Laporan Tahunan 2018