KINERJA SOSIAL

Pemasaran dan Pelabelan

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi, Pertamina memiliki beragam produk yang dijual atau dipasarkan ke masyarakat, dan setiap jenis produk memiliki kegunaan yang berbeda. Untuk itu, Perseroan memiliki kebijakan untuk memberikan label setiap produk sehingga konsumen mendapatkan informasi yang jelas tentang kandungan, kegunaan, petunjuk penggunaan, dan sebagainya. [103-2]

Selain mencantumkan label dan informasi produk,Pertamina senantiasa mengikuti kaidah-kaidah komunikasi pemasaran yang baik. Sesuai dengan prinsip pemasaran yang adil dan bertanggung jawab,Perseroan menghindari segala klaim yang menipu dan tidak jujur. Perseroan juga tidak berniat untu kmengambil keuntungan dari kurangnya pengetahuan konsumen tentang produk yang dimiliki Pertamina.[103-2]

Ketentuan tentang label produk, Pertamina merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 73/M-DAG/PER/9/2015 tentang Kewajiban Pencantuman Label dalam Bahasa Indonesia pada Barang. Sebagai korporasi yang bertanggung jawab, Pertamina berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan kebijakan tentang pelabelan produk. Selain menguntungkan bagi konsumen, informasi yang jelas tentang produk juga bermanfaat besar bagi tumbuhnya kepercayaan konsumen kepada Pertamina. Komitmen Perseroan untuk melakukan labelisasi produk membawa dampak positif dengan tidak adanya laporan ketidakpatuhan terhadap regulasi atau peraturan tentang pelabelan dan informasi produk. Dengan demikian, Pertamina tidak mendapatkan sanksi atau denda akibat pelanggaran peraturan tersebut.

Pertamina juga tidak mendapat peringatan, sanksi atau denda berkaitan dengan pelanggaran komunikasi pemasaran selama tahun pelaporan. [103-3, 417-1,417-2, 417-3]

149
PERTAMINA Laporan Keberlanjutan 2018